MMA 631.16 Mei s

Strategi pemasaran pakan ternak konsentrat di Koperasi Susu Warga Mulya Yogyakarta

Penulis

Meisyanna, Arie

Pembimbing: Dr.Ir. Slamet Hartono, MSc


INTISARI : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman produk pakan ternak konsentrat Koperasi Susu Warga Mulya sehingga dapat diketahui posisi Koperasi Susu Warga Mulya saat ini. Dengan mengetahui posisi posisi produk pakan ternak konsentrat maka dapat di tentukan strategi pemasaran berdasarkan kesesuaian antara kemampuan internal (melalui kekuatan dan kelemahan) dan situasi eksternal (peluang dan ancaman) Koperasi Susu Warga Mulya. Metode penelitian adalah metode penelitian analisis deskriptif analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan sekunder, dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan dan pencatatan. Analisis terhadap lingkungan Internal dan Eksternal menggunakan analisis SWOT model Rangkuti (1997). Analisis Internal mengidentifikasikan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan pesaingnya, sedangkan analisis Eksternal mengidentifikasi faktor- faktor yang menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan. Melalui analisis SWOT ini dapat diketahui posisi bisnis Koperasi sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang harus digunakan. Dari hasil analisis internal faktor-faktor yang menjadi kekuatan Koperasi Susu Warga Mulya adalah kualitas produk, ijin Departemen Peternakan, kualitas SDM, kapasitas produksi dan harga, sedangkan yang menjadi faktor kelemahannya adalah Research and Development , promosi, kegiatan distribusi, harga bahan baku dan anggaran promosi. Dari hasil analisis eksternal faktorfaktor yang menjadi peluang adalah ketersediaan bahan baku, peningkatan pemahaman kualitas ternak, modal ketidak mampuan peternak membuat pakan tambahan dan populasi ternak sapi, sedangkan faktor- faktor yang menjadi ancaman adalah iklim, penemuan baru, fluktuasi nilai tukar rupiah, pesaing yang sejenis, dan situasi harga pasar. Dari hasil analisis SWOT di peroleh hasil bahwa posisi Koperasi Susu Warga Mulya sangat menguntungan karena posisi Koperasi Susu Warga Mulya berada di kuadran I dengan skor kekuatan-kelema han 0,73 dan peluang-ancaman 0,72. karena posisi perusahaan berada pada kuadran I maka strategi yang harus dilakukan adalah growth-oriented strategy atau pengembangan pasar yang intensif.

Kata kunci Agribisnis,Strategi Pemasaran,Pakan Ternak Konsentrat,Koperasi Susu
Program Studi Magister Manajemen Agribisnis UGM
No Inventaris c.1 (2556-H-2004)
Deskripsi xiii, 72 p., bibl., ills., 30 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2004
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali