Laporkan Masalah

Hubungan antara persepsi dampak pariwisata budaya, tipe nilai universal tipe nilai tradisi dan tipe nilai keamanan dengan sikap pariwisata budaya

HASANAH, Nur, Prof.Dr. Djamaludin Ancok

2004 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini dilatarbelakangi masih sedikitnya penelitian psikologi di bidang pariwisata berkaitan dengan sikap penduduk lokal dan dampak pariwisata budaya. Pengetahuan tentang sikap penduduk lokal tersebut akan berguna untuk pengembangan kebijakan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi dampak pariwisata budaya, tipe nilai universal, tipe nilai tradisi dan tipe nilai keamanan dengan sikap pariwisata budaya di Kotagede, Jogjakarta, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Ada hubungan antara persepsi dampak pariwisata budaya, tipe nilai universal, tipe nilai tradisi dan tipe nilai keamanan dengan sikap pariwisata budaya ( F = 9.606, p < .001), koefisien korelasi R = 0.229. (2). Sumbangan persepsi dampak pariwisata budaya, tipe nilai universal, tipe nilai tradisi dan tipe nilai keamanan 22,9 % terhadap dengan sikap pariwisata budaya (3). Tipe nilai tradisi mempunyai hubungan dengan sikap pariwisata budaya ( r = 0.205 , p< 0.05). (4). Tipe nilai universal mempunyai hubungan dengan sikap pariwisata budaya ( r= 0.257, p < 0.05). (5). Tipe nilai keamanan mempunyai hubungan dengan sikap pariwisata budaya, koefisien korelasi r = 0.175, p < 0.05.

It is still rarely psychology research in Indonesia about the relationship between local resident attitudes and culture tourism impact. The reported empirical study assessed resident attitudes to culture tourism in area being considered for a tourism development program. The purposes of this research are how to know the relationship among resident perception of culture tourism impact, universal value type, tradition value type, security value type and the culture tourism attitudes in Kotagede, Jogjakarta, Indonesia. The Result show that: (1). There are significant correlation among culture tourism perception, universal value type, tradition value type, security value type and culture tourism attitude ( F = 9.606, p < .001), with determinant coefficient is R ² adjusted 0,229. (2). The culture tourism perception, universal value type, tradition value type, security value type are contributed 22,9 % to the culture tourism attitude. (3). Tradition value type is correlated to the culture tourism attitude (r = 0.205 , p< 0.05). (4). Universal value type is correlated to the culture tourism attitude ( r = 0.257, p < 0.05 ). (5). Security value type is affect the culture tourism attitude with correlation coefficient is r = 0.175, p < 0.05.

Kata Kunci : Persepsi,Sikap,Pariwisata, the culture tourism attitude, resident perception of the culture tourism impact, universal value type, tradition value type, security value


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.