Laporkan Masalah

Analisis pengaruh perluasan merek terhadap loyalitas konsumen :: Studi perbandingan merek harga murah dan merek harga mahal

WIDIARTI, Ria, Dr. BM. Purwanto, MBA

2003 | Tesis | Magister Manajemen

Loyalitas konsumen dapat dijadikan dasar pengembangan keunggulan kompetitf di masa mendatang, terutama dalam kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan, perusahaan perlu menetapkan strategi pemasaran yang tepat bagi produknya, termasuk melakukan strategi perluasan merek yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabelvariabel perluasan merek terhadap loyalitas konsumen melalui pendekatan attitudinal dan behavioral. Analisis masing-masing dilakukan pada produk merek Lee Cooper yang mewakili merek harga mahal dan produk merek Tira yang mewakili merek harga murah. Tujuan kedua adalah menganalisis apakah terdapat perbedaan pengaruh perluasan merek terhadap loyalitas pelanggan pada merek harga mahal dan merek harga murah Desain penelitian adalah survey dengan metode pengambilan sampel nonprobabilita. Analisis regresi berganda dilakukan untuk melihat pengaruh variabel perluasan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan analisis anova satu jalan dilakukan untuk melihat perbedaan loyalitas diantara kedua merek tersebut. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa loyalitas konsumen merek harga murah yaitu merek Tira menunjukkan nilai yang lebih tinggi untuk semua tahap loyalitas, baik kognitif, afektif, konatif, maupun tindakan bila dibandingkan dengan loyalitas konsumen merek Lee Cooper. Hal ini diperjelas dengan hasil analisis terhadap nilai rata-rata variabel perluasan merek, dimana konsumen merek Tira mempunyai persepsi lebih baik terhadap variabel perluasan merek Tira. Walaupun Tira merupakan merek dengan harga murah, konsumen merek Tira melihat bahwa merek ini mempunyai banyak nilai lebih untuk segmen pasar menengah ke bawah atau segmen berpenghasilan kecil.

Costumer loyalty considered as development base of competitive advantage in the near future, especially in challenging business competition. To win the competition, companies need to establish an appropriate marketing strategy for it products, included to carry out an appropriate brand extension strategy. The aims of this research are to analyze the effect of brand extension’s variables to costumer loyalty through attitudinal and behavioral approach, and to compare the difference of brand extension effect to costumer loyalty between low price brand that represented by Tira brand and premium price brand that represented by Lee Cooper brand. Research design is survey trough nonprobability sampling method. Multiple Regressions applied to analyze the effect of brand extension’s variables to costumer loyalty. While One Way ANOVA applied to analyze the difference of brand extension’s effect to costumer loyalty between low price brand and premium price brand. The result shows that the costumer loyalty of low price brand indicates higher mean values in all loyalty stages such as cognitive, affective, conative, and action, than costumer loyalty of premium price brand. This statement is strengthened by the analysis result to mean values of brand extension’s variables. Tira’s costumers have higher perception to it’s brand extension’s variables. In Tira’s costumer’s perception this brand has some advantages, especially for low or middle market segment, besides it has cheap price.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Loyalitas Konsumen, brand extension, loyalty, cognitive, affective, conative, action.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.