Laporkan Masalah

Kualitas pelayanan perpustakaan :: Studi kasus pada Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

MASRURI, Anis, Dr. Muhadjir Darwin

2002 | Tesis | S2 Administrasi Negara

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari pandangan pengguna dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hal ini penting sekali karena merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan, sebagai pendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengzbdian kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif metode survei. Sampel penelitian diambil dari kelompok pengguna perpustakaan sebanyak 338 orang dan pegawai perpustakaan 50 orang. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan riset kepustakaan, riset lapangan yang terdiri dari dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Data-data diolah dengan menggunakan teknk tabulasi, dengan menyajikan hasil penelitian pada tabel-tabel distribusi fiekuensi dan prosentase, kemudian dideskripsikan. Berdasarkan Konsep pelayanan berkualitas dari Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahm 1993 diambil 10 indikator kualitas -pelayanan, yaitu kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan yang merata, ketepatan waktu, fasilitas fisik, kemampuan dan sikap pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menurut pandangan pengguna, secara umum sudali baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata 70.24% pengguna memberikan tanggapan baik terhadap indikator kualitas pelayanan perpustakaan di atas. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan adalali iklim organisasi (87%), sistem pengawasan (68.67%), dan struktur birokrasi (85.33%). Sebagai saran, meskipun pelbyanan pada Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada umumnya dikatakan baik, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengenai lokasi perpustakaan yang menurut pendapat sebagian besar pengguna tidak strategis, perlunya peningkatan dalam keamanan dan kenyaman pelayanan, peningkatan fasilitas fisik yang memadai dan perlunya peningkatan koleksi perpustakaanba dari segi kuantitas maupun kualitasnya dengan memperhatikan jurusan-jurusan, dan program studi baru.

This research aims to describe the library service quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta from the point of view of users, and to know factors influencing it. This description is really important in order to be able to develop it, as the supporter of realizing the tree responsibilities of university or institute, namely education, research, and social service. This research uses a descriptive-quatitative approach of survey method. Sampling is taken from the group of library users numbering 338 people, and 50 of library staffs. Whereas data collecting is conducted through library research, field research consisting of documentation, questionnaire, and interview. The data is organized in tables of frequency and percentage distribution, and it is then described. Based on the service quality concept quoted firom the decision of minister of state apparatus empowerment no. 81 of 1993, there exist ten indicators of service quality namely simplicity, clarity and certainty, openness, efficiency, economy, fair distribution, punctuality, physical facility, capacity and staff attitude. The result of research indicates that the library service quality of IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta based on of users’ opinion is generally good. This conclusion is based on the mean result 70.24% of the users have good opinion about the indicators of the library service quality. Factors influencing the library service quality is organization climate (87.00%), supervision system (68.67%), and bureaucracy structure (85.33%). Although the service quality at the IAIN Sunan Kalijaga’s Library is in general good, there are things to be paid attention. The first is about library location which is, according to the majority of users, not strategic. The second, is the necessity of developing service security and comfortable service. The third is the necessity of developing reliable physical facilities. Lastly, it is necessary to develop library collection both in quantity and in quality taking the needs of new departments and study programs into consideration

Kata Kunci : Layanan Perpustakaan,IAIN Sunan Kalijaga


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.