Laporkan Masalah

Analisa manajemen pengendalian kualitas pada PT. Sari Husada

ERNAWATI, Prima, Drs. Agus Achyari, MBA

2001 | Tesis | Magister Manajemen

PT. Sari Husada merupakan produsen makanan dan minuman bayi. Perusahaan ini telah menerima sertifikat ISO-9002 dari Lembaga Sucofindo International Certification Services di Jakarta pada tanggal 2 Maret 1996. Namun demikian perusahaan tetap berusaha untuk meningkatkan performa kualitas untuk menghadapi persaingan global. Tindakan ini berkaitan dengan prinsip contii~uous improvement, yang selalu berusaha meningkatkan kualitas secara terus menerus dan berkesinambungan. Laporan internship ini akan menganalisa performa kualitas di PT. Sari Husada. Laporan ini akan mempergunakan grafik pengendali p untuk menganalisa peningkatan kualitas di PT. Sari Husada. Produk yang dianalisa adalah SGM-2. Kita akan mengetahui peningkatan kualitas yang terdapat di PT. Sari Husada dengan memhandingkan proporsi produk akhir yang defict dengan produk yang baik yang diproduksi pada tahun 1998 dan tahun 1999. Hail penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan performa kualitas perusahaan dalam memproduksi produk yang baik pada tahun 1999 jika dibandingkan dengan tahun 1998. Pada tahun 1999 rata-rata proporsi produk akhir yang defect menurun dan kapabilitas proses untuk memproduksi produk akhir yang baik meningkat. Jika pihak manajemen PT. Sari Husada masih ingin meningkatkan kapabilitas proses, maka variasi penyebab umum yang melekat pada proses harus di hilangkan

P I Sari Husada produce food und milk for baby. The company has received Certrficute ISO-9002 @om Sucofindo International Certrfication Services Jakarta in 2nd March 1996. The company still improve the 'quality performance to face the global competition. This action related with continuous improvement principle. This report analyze the improvement of quality performance in PT. Sari Husada. This report use p-chart to analyze the improvement quality in PT. Sari Husadu. The product that lime unalyzed is SGM-2. We will see the quality improvement by compare the proportion of defect final product with good final product that produced in 1998 und 1999. The result show us that there is quality performance improvement in production of good final product in 1999 compare with 1998. The average of proportion of defect final product decrease and the process capability of good final production increase. If the management of Pi? Sari Husada want to improve t.he process capability, they have to reduce the common-causes variation that include in the process.

Kata Kunci : Manajemen Pengendalian Mutu,Analisis,PT Sari Husada


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.