Laporkan Masalah

Prospek dan strategi pemasaran produk unggulan jamu PT Air Mancur Solo

SUMANTO, Yosef, Dr.Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS

2002 | Tesis | S2 Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan unhik mengerahui pengaruh strategi pemasaran jamu produksi PT Air Maticur terliadap volume penjualari produk unggulannya guna mengliadapi persaingari prig settiakin ketat, dan prospek pemasaran produk tersebut pada waktu yang akan datang. PT Air RIancur ymg berdiri pada tanggal 23 Desember 1963 sebagai periisdiaan industri nimah tang@. saat ini telah berkembang menjadi penisahaan berskala Nasional yang setitigkat dengan PT Sido h,luncul, PT Jamii Jago, dan PT Nyonya hleneer. Manajemen dilaksanakan oleh tenaga professionid dengm j~mldki arya~m 1549 orang. Sertifikat IS0 9001 dibidang '' hlanufachiiing of ja.niu '' diperoleli tahun 2000, dan Sertifikat Halal dari LPPOM daii MU1 tahun 1998. Pada saat ini terdapat 70 jenis prod& jamu Air Mancur dengan volume produksi kurang lebih 20 juta pak jamu per biilan, intuk keperluan pasar dalam negeri dan ekspor ke beberapa negara di Asia yaitu Singapore, Taiwan, Hongkong, Malaysia. dan Brunei. Diantara produk tersebut terdapat 10 jeriis produk iinggulan yang memberikan kontribusi besar terhadap penjualan jamu Air hiancur. Sesuai hasil analisis SWOT ternyata PT Air Manciu berada ddam posisi pernunbuhan (kxadran I). Deniikian juga analisis SWOT produk uiggilan berada pada posisi pertuinbuhan (kwadran I), sedangkan produk noti unggulan berada pada posisi onentasi keluar (kwadran 11). Analisis regesi tnenunjukkan bahwa strategi pengembangan prodiik dan promosi tmyata secara nyata dapat meningkatkan volume penjualan (unit) prodttk unggulan jamu Air Mancur, sedangkan produk non unggtilan tidak signifikan / nyata. Strategi perluasan jaringan pemasaran khususnya ekspor ternyata telah dapat meningkatkau volume penjualan jamu Air Mancur karena kontribusinya tenis meningkat yaitu tahrm 1997 = 1,78 9; dan tallun 1999 = 336 Yo. Kebijakan harga produk sangat koiiipetitif karena walaupun terjadi kenaikan harga produk pada tahun 1997 teniyata haiya berpeiigaruli sementara terjadinya penunman volume penjualan pada 1 tahuri berikutnya, dan tahun selanjutnya volume penjualan cenderung rneningkat. Disamping itu produk dinilai murah oleh sebagian besar konsurnen. Berdasarkan analisis Trend. temyata volume penjualan produk ungylan jamti Air blancur cendenmg meningkat cukup tajam. Dengan demikian pemasaran jamu produksi PT Air Mancur yang &l&sanakan dengan strategi pengembangan produk berupa prod& baru dan diversifikasi produk, perluasai j aringan peinasaran khususnya ekspor, harga dan promosi yang menarik dan kompetitif temyata secara sigiifikan I nyata dapat tneriingkatkari volunie perijuaiari produk unggulan. sedangkan produk non unggulan tidak sipifikan Prospek pemasaran produk unggilan tempata cukup cerah karena: (a) Tren volume penjualan meningkat cukip tajam, (b) Pangsa pasar jamii Air A4ancru meningkat dari 15 96 (1995) menjadi 18 96 (1999) dan (c) Potensi ' peluang pasar meningkat. Oleh karena ihi strategi pemasaran j m u Air hlancuu yang perlu dilaksan&an adaiah : Eksp'ansi penlasaran secaril agesif dengan mengandalkan produk ung@in, sedangkai produk noii unggulan perlu dilakukan diversifikasi produk agar lebili kompetitif.

The purpose of this researcti are to how the influence of marketing strategy of Jamu Air Mancur to the primary product sales ( in unit ) in order to anticipate the tight competition. And than to know the prospect of primary product marketing in the future PT Air Mancur which was properly build in December, 23 ,1963 as a household industry. Now it has been developed as an indust? of Jarnu into National scale, the same level i\ith PT Sido Muncul, PT Jamu Jago, and PT Nyonya I'vfeneer. In 3000 , the management of PT Air Mancur \vas carried out b), professional managers and they supervised employees of 1549 person. The coitipany has received a certificate of IS0 9001 in specialize of "Manufacturing of Jamu" in 2000, and certificate of HALAL which was issued by LPPOM and MUI in 199s. Recently PT Air Mancur produced 70 various type of Jainu and its volume of production are 20 million unit approximately, in order to meet the need of domestic demand and export to a few countries in Asia : Singapore, Malaysia, Taiwan, Hongkong and Brunei. There are 10 kind of Jamu as a primary product that contribute hghly to the sales of Jamu Air Mancur. According to the result of SWOT analysis, show that PT Air Mancur is in position of Growth (cell I swot diagram) , and the primary product is also in that position (cell I), but the non primary product is in position of Orientation To Outlook or Diversification (cell 11). Regression analysis show that the strategy of product development and promotion simultaneously be able to increase the sales volume of primary product significantly, but the non primary product is not significant. The strategy of expanding the distribution channel especially for export, their contribution to total sales its appears increasing, at 1.78 YO ( 1997 ) to 3.86 ?4 ( 1999 ). The price policy of product is relatively competitive, although the price of product was been increased in 1997, its influences to decreasing of sales are temporary for one year, and than the sales of product whould be increasing in next period. Moreover refering to consumer opinion, they said that price of products are cheaper than its competitors. Referring to Trend analysis, show that the sales of primary product has a tendency of increasing precisely. Therefore the marketing strategy of Janiu Air Mancur that consits of developing new product and product diversification, expanding of market distribution channel especially for export, price of product, and promotion are influenced simultaneously to increase the sales (in unit) of primary product significantly. But the non primary products are not significant. The Prospect of primaq product marketing of Jamu Air Mancur whould be appears prospectively, caused of: (a) Trend of sales (in unit) has a tendency increasing, (b) Market share of Janiu Air Mancur was increased 15 96 (1995) to 18 YO (1999) and (c) Potensial of market w-hould be increase in the future. The marketing strategy of Jamu Air Mancur \\hich must be carried out effectively are to expand of marketing aggressively rely on the primproduct, but the non primary product must be diiwsified firstly to make it more competitive.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Produk Unggulan,PT Air Mancur


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.