Laporkan Masalah

Efisiensi pemasaran produk sisi lanjutan SGM-2 PT Sari Husada Yogyakarta

WIDYASTUTI, Notti, Dr.Ir. Irham, MSc

2002 | Tesis | S2 Magister Manajemen Agribisnis

Efisiensi dan efektifitas seluruh bidang kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan mutlak diperlukan untuk meningkatkan daya saingnya di era globalisasi. Salah satu wujud efisiensi adalah efisiensi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi saluran dan kelembagaan pemasaran yang ada pada pemasaran produk susu lanjutan SGM-2 PT. Sari Husada Yogyakarta, menghitung marjin pemasaran pada setiap saluran pemasaran, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi majin pemasaran,dan mengetahui tingkat efisiensi produk susu lanjutan SGM-2. Penelusuran mata rantai saluran pemasaran yang dilalui dari tingkat produsen ke konsumen akhir dilakukan untuk mengetahui saluran dan lembaga pemasaran produk susu lanjutan SGM-2. Efisiensi pemasaran dilakukan dengan menganalisa main pemasaran, integrasi pasar dan elastisitas transmisi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran produk susu lanjutan SGM-2 dengan distribusi majin pemasaran pada tiap saluran tidak merata dan variance main pemasaran yang relatif besar. Faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran produk susu lanjutan SGM-2 kemasan 150 gram, 300 gram dan 600 gram adalah harga produk di tingkat produsen, sedangkan faktor lain yang tidak berpengaruh nyata yang juga dianalisis dalam penelitian ini adalah volume penjualan, biaya pemasaran dan macam lembaga pemasaran. Kesimpulan akhir dari penelitian hi secara umum adalah bahwa pemasaran produk susu lanjutan SGM-2 apabila dilihat dari sisi konsumen belum efisien, yang diindikasikan dengan sebaran marjin yang tidak merata, integrasi pasar yang rendah dan hasil ET<1 dan tidak Sama dengan rasio harga rata-rata tingkat produsen dan harga rata-rata tingkat konsumen. Pemasaran produk susu lanjutan SGM-2 berada pada pasar persaingan tidak sempurna dan mengarah pada pasar yang bersifat oligopoli

The efficiency and effectivity in the all business activity of the cooperation is absolutly important to increase the competitiveness in the global era. One of those efficiency is marketing efficiency. The goal of this research is to identify marketing channel and agent in the follow on milk product SGM-2 PT. Sari Husada Yogyakarta, to calculate marketing margin in every marketing channel, to analyse the factors that influence to the marketing margin and to know the efficiency level of follow on milk product SGM-2. Observation of the squence marketing channel through it from the producer level to the end of consumer level which done to know the marketing channel and agent of follow on milk SGM-2. Analysis of marketing margin, market integration and elastisity of price transmition which had done, to know the marketing efficiency. The result of this research show that there are two marketing channel of follow on milk SGM-2 with distribution of marketing margin, at every channel, that wholly, and the big variance of marketing margin. The factors that influence to marketing margin of follow on milk SGM-2 packed in 150 grams, 300 grams and 600 grams are price in the producer level, and the other factors which analysed in this research but not influence to marketing margin are selling volume, marketing cost and the various of marketing agent. The conclution from this research generally that the marketing of follow on milk SGM-2, from consumer side is not efficience, and that indicate by the circle of margin not flat, low market integration and the result of ET< 1, and disting with the pixed price ratio in the producer level and the pixed price ratio in consumer level. The marketing of follow on milk product SGM-2 not in the perfect competition market but lean to oligopoly market.

Kata Kunci : Pemasaran,Produk SGM 2,Agribisnis, Marketing efficiency, Marketing Margin, Follow on milk SGM-2 FT. Sari Husada


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.