Laporkan Masalah

ANALISIS PENCAPAIAN KINERJA PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA BEKASI DENGAN BALANCE SCORECARD

DHINI ARISTA PUTRI, Dr. Claudius Budi Santosa, M.Bus.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

sering kali terjadi di pemerintahan Daerah kota bekasi tentunya membuat pengaruh bagi bappeda. Perbedaan latar belakang pengalaman dan pendidikan dari pejabat yang bertanggung jawab akan pelaporan dan perencanaan di Bappeda sendiri juga merupakan sebuah tantangan. Dengan semua permasalahan tersebut organisasi dituntut untuk bertindak profesional, maka diperlukan adanya sistem manajemen strategis yang menuntun organisasi tetap pada jalur sehingga mencapai tujuan. Balanced Scorecard dianggap mampu membawa Bappeda Kota Bekasi dalam meningkatkan kinerjanya sehingga perencanaan yang dibuat diharapkan mendorong instansi pemerintah untuk menyelenggarakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan sehingga beroperasi secara efisien, efektif dan responsive terhadap masyarakat dan member masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Dari hasil analisis tersebut difokuskan pada strategi Bappeda pada empat perspektif balanced scorecard yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif internal bisnis, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Recently, the unstable condition such as replacement of officials on the surrounding of Bekasi Local Government impacts the condition of Regional body for Planning and Development (Bappeda). The difference of experience and educational background for the officials who responsible for reporting and planning in Bappeda itself has also become a challenge. With all those problems the organization is still expected to act professionally, so that it needs a strategic management system which requires the organization to stay on the track to achieve its goals. Balance scorecard is considered to have a capability in bringing BappedaBekasi to improve its performance. Therefore, the existing planning is hoped to encourage government institution to be more efficient, effective and responsive to the people as well as to provide suggestions for the interest parties. The result of this analysis is focused on Bappeda strategies on four perspective of Balance scorecard, namely customer perspective, financial perspective, business internal perspective as well as innovation and learning perspective.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif internal bisnis, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.