Laporkan Masalah

PENGUKURAN KINERJA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT MITRA IDAMAN KOTA BANJAR DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

Yopi Rikmasari, Dr. Satibi M.Si., Apt

2014 | Tesis | S2 Ilmu Farmasi

Pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard (BSC) di IFRS Mitra Idaman perlu dilakukan mengingat peta strategi yang telah disusun sebelumnya memerlukan suatu ukuran kinerja dan perlu mengetahui ukuran kinerja awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja IFRS Mitra Idaman menggunakan indikator kinerja sesuai dengan tujuan strategik BSC yang telah disusun dalam peta strategi. Penelitian ini merupakan studi deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan IFRS Mitra Idaman, pasien rawat jalan serta dokter dan perawat. Data diperoleh dari data primer dan sekunder. Analisa yang digunakan sesuai dengan masing – masing indikator kinerja berdasarkan tujuan strategik pada keempat perspektif BSC. Hasil penelitian pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kurang baik mengingat dari 10 indikator yang diukur hanya 3 indikator yang menunjukkan hasil baik yaitu kepuasan kerja karyawan yang berada pada tingkat puas, karyawan berada pada tingkat tidak stress dan budaya organisasi baik. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan hasil cukup baik, dari 8 indikator kinerja yang diukur dispensing time sudah memenuhi standar, tingkat ketersediaan obat dan kepatuhan terhadap formularium hampir mencapai 100 %. Persentase stok mati, perbekalan farmasi ED dan rusak dan persentase stok akhir minimal. Pembelian IFRS mendekati nilai perencanaan sedangkan frekuensi melakukan Drug Use Review masih kurang. Perspektif customer menunjukkan hasil yang tidak baik karena kepuasan customers baik eksternal dan internal tidak puas walaupun tingkat keterjaringan pasien sudah menunjukkan persentase 94,12 %. Perspektif keuangan menunjukkan cukup baik, yaitu ITOR 13,3 kali, Gross profit Margin 22,1 % pertumbuhan pendapatan 22,15 % dan persentase penerimaan IFRS terhadap penerimaan RS 55,9 %.

Performance measurement using the Balanced Scorecard (BSC) need to be done considering strategy map that have been developed previously requires a measure of performance and need to know the measurement early performance. This research aim to know the performance pharmacy of Mitra Idaman Hospital using performance indicators in accordance with the strategic objectives have been composed in BSC strategy map. This research is descriptive study. Research subject is all pharmacy employees of Mitra Idaman Hospital, outpatient, doctor and nurse. Data acquired from primary data and secondary data. The analysis used with each performance indicator based on four BSC perspectives. Result of research on learning and growth perspective generally is less good, considered the 10 indicators measured only 3 indicators that show good results, which job satisfaction of employee are satisfied and not at the level of stress well as good organizational culture. Internal business process perspective generally show good results, from 8 performance indicators measured, dispensing time already meet the standards, the level of availability of the drug and formulary compliance nearly 100%. The percentage of dead stocks, percentage of pharmaceuticals expired and damage minimum. Realization conformity of purchase are close to the planning and Drug Use Review frequency perform still less. Customer perspective suggests that the results are less good because of the satisfaction of internal and external customers are not satisfied even though the level of patients visit shown the percentage of 94.12%. Financial perspective shows good results, ITOR 13.3, gross profit margin was 22.1%, revenue growth 22.15 % and the percentage of pharmacy departement’s revenue to hospital revenue 55,9 %.

Kata Kunci : Strategi, Balanced Scorecard, Kinerja


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.