Laporkan Masalah

ANALISIS EVALUASI DIRI SEKOLAH TERHADAP PENCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN UNTUK MENYUSUN SISTEM MANAJEMEN STRATEGIK BERBASIS BALANCED SCORECARD Studi pada Sekolah Dasar Inti di Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur

Agus Hariyanto, Dr. Hardo Basuki, M.Soc., Sc.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Perkembangan Balanced Scorecarddari system pengukuran kinerja eksekutif menjadi perencanaan strategik, perkembangan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas perencanaan strategik pada organisasi pendidikan.Setiap tahun sekolah melakukan Evaluasi Diri Sekolah, hasil dari Evaluasi Diri Sekolah digunakan untuk melihat pencapaian kinerja sekolah terhadap Standar Nasional Pendidikan. Hasil Evaluasi Diri Sekolah digunakan sebagai dasar dalam menyusun tindakan perbaikan oleh sekolah. Dalam menyusun rencana strategik tindakan perbaikan sekolah dapat menggunakan sistem manajemen strategik berbasis Balanced Scorecard, sistem ini terdiri dari sistem Trandwatching, SWOT analisis, dan pemilihan strategi. Sistem penerjemah Misi, Visi, Tujuan, Nilai Dasar, dan strategi kedalam sistem inisiatif yang komprehensif dan berimbang. Sistem pengelolaan sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Sekolah inti di kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (SDN Klodan 2) dengan Evaluasi Diri Sekolahdan hasilnya digunakan untuk menyusun sistem Manajemen strategik berbasis Balanced Scorecard. Skor rata-rata Evaluasi Diri Sekolah SDN Klodan 2 adalah 2,033 artinya artinya mutu pendidikan tersebut hanya memenuhi Standar Pelayanan Minimal. Berdasarkan Evaluasi Diri Sekolahtersebut digunakan bersama peneliti menyusun sistem manajemen strategik berbasis Balanced Scorecard.

Development of the Balanced Scorecard performance measurement system executives into strategic planning, the development can be used to improve the quality of strategic planning in educational organizations. Every year the school did School Self-Evaluation, the results of the School Self-Evaluation is used to look at the achievement of the school's performance against the National Standards. School Self-Evaluation results are used as a basis in formulating remedial actions by school. In the strategic plan corrective action schools can use strategic management system based on the Balanced Scorecard, the system consists of a system Tran watching, SWOT analysis, and strategy selection. Translator system Mission, Vision, Goals, Core Values, and strategies in a comprehensive system of initiative and balanced. Resource management system. This study aims to measure the performance of schools in the district Ngetos, Nganjuk, East Java (SDN Klodan 2) the School Self-Evaluation and the results used to develop a strategic management system based on the Balanced Scorecard. Average scores Elementary School Self-Evaluation Klodan 2 is 2.033 meaning that the quality of education means that only meet minimum service standards. School Self-Evaluation results are used together researchers compiled a strategic management system based on the Balanced Scorecard.

Kata Kunci : Evaluasi Diri Sekolah, Manajemen Strategik, Balanced Scorecard


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.