Laporkan Masalah

EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD STUDI PADA PT ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, TBK

Yusron, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) sebagai perusahaan pembiayaan, menyadari akan pentingnya pengukuran kinerja dalam menjalankan roda usahanya. Pada periode tahun 2004 -2010, kinerja perusahaan menunjukkan pertumbuhan yang sangat berarti. Pertumbuhan perusahaan seperti itu perlu diukur untuk melihat sejauh mana strategi yang telah dibuat dilaksanakan oleh seluruh personil. Pencapaian kinerja tidak cukup hanya menunjukkan kemajuan, namun lebih jauh perlu dilihat apakah kemajuan tersebut sudah sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yang datanya diambil dengan menggunakan metode wawancara tak berstruktur. Pihak yang diwawancara adalah Presiden Direktur, Direktur Keuangan (diwakili Senior Manager Budgeting), Direktur Marketing, dan Deputi Direktur HRD. Data angka diambil dari Laporan Keuangan Perusahaan periode 2004 – 2010, data Budget Perusahaan, dan sumber sekunder serta tersier lainnya. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Peta Strategi Adira mempunyai sasaran strategis pada perspektif keuangannya adalah pertumbuhan laba yang berkelanjutan dan efektifitas biaya. Sasaran strategis pada perspektif konsumen adalah loyalitas konsumen yang tinggi, biaya akuisisi pembiayaan yang kompetitif, dan resiko portofolio yang terkendali. Sasaran strategis pada perspektif proses bisnis/intern adalah kecepatan layanan kepada pelanggan. Sasaran strategis pada perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan adalah keterikatan yang tinggi dari karyawan terhadap perusahaan. Pengukuran kinerja Adira Finance dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC), selama kurun waktu 2004-2010, menunjukkan nilai 0,55 yang berarti termasuk dalam kategori cukup. Nilai ini dihasilkan dari penghitungan kinerja keempat perspektif di dalam BSC Adira. Pada perspektif proses bisnis/intern, Adira berhasil mendapatkan poin penuh, yang berarti berkategori baik. Namun Demikian, hasil dari pengukuran kinerja dengan menggunakan BSC menunjukkan bahwa baik perspektif keuangan maupun non keuangan masih perlu diperbaiki. Pada perspektif keuangan, angka pencapaian NIM dan BOPO kurang dari target yang sudah ditentukan (86,9% dan 37,3%). Dari sisi non keuangan, nilai dari survei keterikatan karyawan terhadap perusahaan, belum mencapai nilai yang diharapkan (tercapai 80,6%).

PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) as a finance Companies, realize the importance of performance measurement in running the business. In the period 2004-2010, the company’s performance showed the most significant growth. Company growth like this should be measured to see how strategies that have been made are implemented by all personnel. Acchievement not only shows progress, but further progress needs to be seen wether they are appropriate to the pre determined targets. This research is descriptive quantitative and qualitative methods, in which data is captured with unstructured interviews. Intervieweeswas The President Director, Marketing Director, Finance Director (represented by Senior Manager of Budgeting Departement). The number taken from the audited Financial Statement 2004 – 2010 period, internal company budget, and secondary data as well as tertiary. The result of the data processing show that strategy map of Adira has strategic objectives in the financial perspective is sustainable profit growth and cost effectiveness. Strategic Objectives in Customer perspective is the high customer loyalty, competitiveness of cost acquisition, and risk controlled portofolio. Strategic objectives in Business process/intern perspective is the speed of service to customer. Strategic objectives in learning and growth perspective is the high engagement of employees to the company. Adira Finance performance measurements during the period 2004-2010 shows the value 0,55. This value is generated from performance calculations of Adira Balanced Scorecards four perspektives . In the Adira process business/intern perspective measurement, it gets full points which means getting good category. Nevertheless, the result of measurements using BSC methods, overall still needs improvement. In the financial perspective attainment figures NIM and BOPO is less than a specified target (86,9% dan 37,3%). In the learning and growth perspective, the value of employee engagement survey results has not reached the expected value (80,6%).

Kata Kunci : Balanced Scorecard, PenilaianKinerja


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.