Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi Bisnis PT. Multi Media Access sebagai perusahaan jasa internet

Chintya Putri Damayanti, Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis yang diterapkan oleh PT. Multi Media Access (MMA) sebagai penyelenggara jasa internet atau Internet Service Provider (ISP) dan Information Communication Technology (ICT). MMA memiliki ijin penyelenggara dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika No: 14/DIRJEN/2010. MMA memiliki strategi bisnis yang dinamakan Seven Strategy. Ada tujuh elemen dalam Seven Strategy yaitu: Network, Upgrade, Responsive, Low cost, Inisiative, Anticipative, Humman, yang merupakan tujuh elemen strategi yang diterapkan oleh MMA. Dengan menggunakan analisis SWOT, diagram SWOT, Matriks EFE, Matriks IFE, dan metode balanced scorecard, kajian ini mengevaluasi sejauh mana keberhasilan MMA dalam menerapkan strategi bisnis dengan Seven Strategy. Hasil penelitian menujukkan bahwa MMA memiliki peluang yang sangat besar walaupun kondisi internal masih harus terus diperbaiki, kondisi perusahaan digolongkan kondisi sangat sehat dan masuk dalam kategori A. Kajian ini juga dapat memberikan pemikiran baru dalam perumusan strategi bisnis untuk pembangunan dan pengembangan bisnis lain yang baru saja dimulai dan membantu pihak MMA untuk pengambilan keputusan dalam peningkatan kinerja perusahaan.

This study aimed to evaluate the business strategy adopted by PT. Multi Media Access (MMA) as Internet Service Provider (ISP) and Information Communication Technology (ICT). MMA organizers have permission from the Directorate General of Resources and Equipment and Information Post: 14/DIRJEN/2010. MMA has a business strategy called “Seven Strategy.” There are seven elements in “Seven Strategy” are: Network, Upgrade, Responsive, Low cost, Initiative, Anticipative, Humman, which are the seven elements of the strategy adopted by the MMA. By using SWOT analysis, SWOT diagrams, EFE Matrix, IFE Matrix, and the balanced scorecard method, the study evaluated the extent to which the success of MMA in implementing business strategies by Seven Strategy. The results showed that MMA has a tremendous opportunity despite the internal conditions to be improved, the condition of the company is very healthy condition and is classified in the category A. This study may also provide new thinking in the formulation of business strategies for the construction and development of other businesses that have just started and helped the MMA for decision making in improving company performance.

Kata Kunci : Manajemen Strategis, Strategi Bisnis, Matriks IFE, Matriks EFE, Analisis SWOT, Balanced Scorecard, Bisnis ISP dan ICT, PT. Multi Media Access (MMA), Seven Strategy dari MMA


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.